Sunday, 2 December 2018

Apa sih Sosiologi itu?

Barangkali siswa yang baru tamat dari SMP kurang begitu kenal dengan pelajaran Sosiologi di SMA, walaupun beberapa siswa di sekolah tertentu pernah sedikit mengetahuinya dari pelajaran IPS yang mereka pelajari di SMP. Rasanya saya perlu untuk memberitahukan sedikit bahwa ketika kalian masuk ke SMA terutama jika memasuki jurusan IPS, kalian akan bertemu dengan satu bidang studi inti IPS yaitu Sosiologi.
Pada tahun sebelum 1997 bidang studi Sosiologi ini memiliki teman sejawat yang hampir sama dengannya walaupun memiliki konsentrasi yang berbeda, yaitu bidang studi Antropologi. Sosiologi menyoroti persoalan kemasyarakatan dan Antropologi menyoroti persoalan kebudayaan. Seiring berjalannya waktu, pada tahun 1997 sampai saat ini kedua bidang studi (mata pelajaran) itu digabungkan dengan nama SOSIOLOGI, walaupun muatan mata pelajaran itu tetap bermuatan sosiologi dan antropologi. nevermind.....

Nah.....buat kalian yang baru masuk SMA atau yang udah SMA tapi malas mendengar ketika gurunya menjelaskan, saya akan memberitahu apa itu ilmu sosiologi, semoga kalau di kelas dia tidak mendengar apa itu ilmu sosiologi, di tulisan ini dia bisa memahaminya.

Sosiologi terdiri dari dua kata, yaitu Sosios ( Masyarakatdan Logos (Ilmu). Jadi kalau kita ingin mengartikannya, sosiologi adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang masyarakat. Apa saja yang dipelajari di masyarakat itu? banyak sekali...beberapa yang dipelajarinya adalah :
a. interaksi sosial
b. penyimpangan sosial
c. pengendalian sosial
d. struktur sosial
e. kelompok sosial
f. perubahan kebudayaan
g. kearifan lokal
h. penelitian sosial, dan banyak lagi.....

No comments:

Post a Comment

Amanatku sebagai Pembina Upacara

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Selamat Pagi, Salam sejahtera buat kita semua. Anak-anak sekalian... Satu hal y...