Wednesday, 5 December 2018

Peneliti Pemula

Hai Sobat.....gak papala kalau saya bilang sobat ya....aman tu kan? hehe...
Kita sudah sama-sama tau bahwa ilmu pengetahuan tidak akan didapatkan tanpa penelitian. Penelitian merupakan suatu kegiatan yang menjadi ujung tombak munculnya sebuah ilmu pengetahuan, tanpanya maka ilmu pengetahuan akan menjadi stagnan (gitu-gitu aja tanpa perkebangan).
Jadi, sebagai remaja, apalagi anak sekolahan, sebaiknya juga mampu melakukan penelitian, setidaknya ia bisa mengenali seperti apa proses penelitian, walaupun dalam proses penelitian itu tentu memiliki metode (cara) yang berbeda-beda tergantung bidangnya masing-masing.

Dalam ilmu sosiologi dan antropologi, teknik pengumpulan data  bisa dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya adalah dengan melakukan observasi dan wawancara. Teknik itu adalah yang biasa dilakukan oleh orang yang sedang melakukan penelitian kwalitatif, dimana data-data yang didapatkan berasal dari orang-orang yang diwawancarai atau hal-hal yang mereka amati (observasi).

Bagaimana sih proses wawancara untuk mendapatkan data itu?
Sobat semua......yok kita mau lihat bagaimana remaja-remaja SMAN 3 ini melakukan proses pengambilan data di lapangan dengan melakukan wawancara kepada beberapa penduduk.
Kalau saya mau bilang, mereka adalah para peneliti pemula yang sedang belajar melakukan penelitian. 
bagaimana hasilnya? gak masalah bagaimana hasilnya, yang penting mereka sudah melakukan proses dengan benar. 
kalau ada yang salah dalam proses pengambilan data itu, mohon diberikan masukan ya sobat semua, biar mereka bisa lebih memperbaiki proses itu kedepannya.







No comments:

Post a Comment

Amanatku sebagai Pembina Upacara

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Selamat Pagi, Salam sejahtera buat kita semua. Anak-anak sekalian... Satu hal y...