Saturday, 11 May 2019

Perguruan Assyafi'iyah Internasional Medan

Perguruan Assyafi'iyah Internasional Medan, adalah salah satu lembaga pendidikan formal yang berada di Jalan Karya Wisata II no 1 Medan Johor. Perguruan ini memiliki 5 jenjang pendidikan mulai dari TK, SD, SMP, SMA, dan Sekolah Tinggi, sebagai alternatif bagi para siswa yang telah menyelesaikan sebuah jenjang pendidikan. Perguruan ini resmi beroperasi pada tahun 2010 dengan mencantumkan semangat "Internasional" di belakang nama Assyafi'iyah. 
Hasil gambar untuk perguruan as syafi'iyah medanHasil gambar untuk perguruan as syafi'iyah medan 
Internasional yang diusung perguruan ini bukanlah yang dimaksudkan dengan internasional dalam kategori administrasi seperti yang pernah ada dalam wacana sekolah pada tahun-tahun sebelumnya, karena gelar Internasional telah ditutup secara resmi oleh pemerintah dengan alasannya tersendiri. Internasionalnya Assyafi'iyah salah satunya adalah sebuah semangat yang ingin dihadirkan pada setiap siswa yang belajar di dalamnya untuk senantiasa "Think Globaly, act localy" maksudnya agar para siswa selalu berfikir global, luas, mendunia, berwawasan internasional, tetapi tetap bertindak secara lokal, mengaktualisasikan pengetahuannya di tempat di mana ia berada. Ini perlu diketahui bersama agar tidak terjadi kesalahpahaman publik terhadap gelar tersebut.

Perguruan Assyafi'iyah dalam prosesnya akan selalu menghadirkan sarana dan prasarana yang modern dan mengikuti perkembangan zaman. Fasilitas belajar, seni dan olahraga yang senantiasa akan terus dibenahi untuk memenuhi sebuah standard proses belajar mengajar yang aman dan nyaman. Sebagai contoh ruang kelas yang difasilitasi dengan AC, infocus dan Locker untuk para siswa yang belajar di kelas. Sarana seni dan olahraga yang terus dibenahi seperti lapangan futsal, basket dan ruang Band untuk para siswa menyalaurkan bakat-bakat mereka. Ini sangat penting karena seorang siswa tidak selamanya menjadi sukses dari mata pelajaran yang dipelajarinya di kelas, tetapi mungkin saja ia akan menjadi suskses dari ekstra kulikuler yang dijalaninya di luar jam intra sekolah. Kegiatan-kegiatan itu semua juga difasilitasi dengan para tenaga pengajar (pelatih) yang mumpuni di bidangnya. 

Hasil gambar untuk perguruan as syafi'iyah medanHasil gambar untuk perguruan as syafi'iyah medan         Hasil gambar untuk perguruan as syafi'iyah medanGambar terkait
                                                              Hasil gambar untuk siswa as syafi'iyah medan                                                 
Selain itu, perguruan Assyafi'iyah Internasional Medan ini juga telah melakukan kerjasama dengan negara seperti Malaysia untuk siap menerima siswa yang berprestasi untuk ikut mengikuti proses belajar-mengajar di Malaysia dan studi banding di sana dengan gratis. Assyafiiyah akan membiayai semuanya.Tidak hanya itu, setiap siswa yang berprestasi juga akan diberangkatkan ke beberapa negara, seperti Singapure atau Thailand sebagai reward atas prestasi yang telah ia capai di sekolah tersebut.

Para tenaga pengajar di Assyafiiyah adalah tenaga pengajar profesional yang telah menyelesaikan pendidikan formalnya sampai S1 dan S2. Para tenaga pengajar juga dalam kurun waktu tertentu akan diikutkan dalam beberapa pelatihan-pelatihan yang dimaksudkan untuk terus meng Up-grade pengetahuannya dan kemampuannya dalam mengajar. Penambahan wawasan kepada guru-guru juga dalam kurun waktu tertentu juga terus diadakan,misalnya dengan mengadakan In House Training dengan tema sesuai dengan kebutuhan guru. Tak lupa juga para motivator juga turut didatangkan guna terus memotivasi para tenaga pengajar agar senantiasa bekerja dengan kesadaran tinggi bahwa mereka adalah seorang guru dengan semua kompetensi yang dimilikinya (Pedagogik, keperibadian, sosial dan profesional), sesuai dengan UU no 14 tahun 2005 pasal 10 ayat 1.

Perguruan Assyafiiyah Internasional medan tetap mengacu pada kurikulum nasional K-13 dengan memberikan porsi yang lebih kepada pelajaran agama sebagai indentitas yang khusus bagi perguruan ini. Hal inilah pada dasarnya yang menjadi salah satu platform (dasar berpijak)bagi perguruan untuk mendirikan sekolah, artinya perguruan ini adalah perguruan yang mengedepankan Keislaman sebagai dasar pendidikannya. Dengan demikian diharapkan nantinya para siswa yang keluar dari sekolah di Perguruan Assyafiiyah ini telah memiliki dasar agama yang kuat, atau minimal ia telah mendapatkan sesuatu yang bersifat keislaman yang belum pernah ia dapatkan atau sebelumnya ia belum mampu. Misalnya hafalan qur'an / tahfiz, seni baca alquran, pelatihan manasik haji dan sebagainya.

Hasil gambar untuk siswa as syafi'iyah medanHasil gambar untuk siswa as syafi'iyah medan 
Walaupun demikian semua sekolah dan yayasan pendidikan tidak terlepas dari berbagai kekurangannya, tetapi yang jelas pihak yayasan Assyafiiyah Internasional Medan akan senantiasa melakukan pembenahan-pembenahan atas semua kekurangan dan ketidaksempurnaannya. 
Nah....Tulisan ini juga untuk mengingatkan kepada publik bahwa di Medan ini ada sebuah Yayasan Pendidikan Islam Assyafiiyah yang menjadi alternatif bagi para orang tua / wali yang ingin memasukkan anak-anaknya sekolah pada jenjang-jenjang tertentu. Insya Allah pihak Perguruan Assyafiiyah akan mengakomodir cita-cita para orang tua untuk menjadikan anaknya anak yang "baik" dan berguna bagi orang tua dan masa depannya, Amiin.
Tidak juga tertutup kemungkinan kepada masyarakat untuk terus memberikan masukan terhadap perbaikan Perguruan ini ke depannya. Untuk lebih puasnya, dipersilahkan mengunjungi sekolahnya langsung dan bertanya segala hal tentang Perguruan ini.

Semoga bermanfaat.                                                                                                                                                                                                           

No comments:

Post a Comment

Mengenal Grandslam

Salah satu cabang olahraga yang memiliki paling banyak turnamen kelas dunia adalah Tenis Lapangan. Beberapa opini masyarakat mengatakan ba...