Wednesday, 20 November 2019

Kisi-kisi semester ganjil 12

Perubahan sosial:
1. Perubahan cepat (revolusi), dan yang lambat dan bertahap (evolusi). Perubahan yang mengarah pada kemajuan (progress) dan kemunduran (regress).

2. Adapun yang menjadi permasalahan dalam ketimpangan sosial adalah ketidakadilan dalam mengakses sumber daya negara.

3. Modernisasi dan westernisasi memang berasal dari barat, tapi ingat, setiap hal positif dari barat, kita kategorikan sebagai modernisasi, sedangkan hal negatif dari barat (perilakunya atau budaya negatif lainnya) kita kategorikan sebagai westernisasi.
Pengembangannya fahami sendiri.

4. Kemiskinan yang disebabkan dari mereka sendiri (malas, mengatakan itu sebagai takdir, dah) dikatakan sebagai kemiskinan kultural. Sedangkan kemiskinan yang disebabkan karena kebijakan pemerintah yang kurang berpihak kepada rakyat kecil (menaikkan pajak, harga bahan, kurangnya lapangan pekerjaan, dsj), dikatakan sebagai kemiskinan struktural.

5. Cultural shock : tidak siapnya seseorang terhadap sebuah budaya baru yang dilihatnya. (Semua contoh yg sejenis itu harus sudah difahami).
     Cultural lag : tidak seimbangnya perkembangan budaya dalam bentuk materi dengan perkembangan budaya non materi. Contoh : perkembangan internet begitu cepat, tetapi pengetahuan masyarakat belum mampu mengakses internet tsb dengan maksimal.
(Berbagai contoh yang sejenis itu harus sudah difahami).

6. Fakir miskin Dan anak terlantar dipelihara oleh negara, adalah bunyi pasal 34.



No comments:

Post a Comment

Mengenal Grandslam

Salah satu cabang olahraga yang memiliki paling banyak turnamen kelas dunia adalah Tenis Lapangan. Beberapa opini masyarakat mengatakan ba...