Tuesday, 3 December 2019

Mengenal Grandslam

Salah satu cabang olahraga yang memiliki paling banyak turnamen kelas dunia adalah Tenis Lapangan. Beberapa opini masyarakat mengatakan bahwa olahraga ini adalah olahraga kelas atas. Mungkin karena perlengkapan olahraganya yang memiliki harga relatif mahal, seperti reket dan bolanya. Tapi saya tak ingin membahas tentang itu. Tulisan ini hanya ingin berbagi informasi dan mengenalkan apa itu turnamen Grandslam dalam olahraga Tenis Lapangan.

Grandslam adalah sebutan untuk Turnamen paling bergengsi dalam Asosiasi Tenis Profesional (ATP) dan level kedua adalah turnamen ATP Final yang mempertemukan 8 Petenis teratas dunia. Grandslam diadakan 4 kali dalam setahun di 4 negara yang berbeda, yaitu Australia (Australian Open), Prancis (France Open / Rolland Garros), Inggris (Wimbledon), dan Amerika (US Open).

Turnamen Grandslam ini memiliki perbedaan dengan turnamen lainnya. Hanya turnamen inilah yang dipertandingkan dengan 3 Set, artinya pemain harus merebut kemenangan 3 set agar menjadi pemenang. Sedangkan turnamen yang lain hanya digelar dengan merebutkan 2 set kemenangan. Oleh karena itu, tidak sedikit para pemain yang harus berhenti di tengah pertandingan karena kelelahan atau cedera. Bukan tanggung stamina yang harus dipersiapkan untuk ikut turnamen ini.

Jenis Lapangan
a. Australian Open
Turnamen Grandslam pertama diadakan di Australia (Australian Open) biasanya diadakan di bulan Januari awal tahun. Jenis lapangan yang digunakan adalah lapangan semen dengan unsur granit. Karakter lapangan seperti ini lebih disenangi oleh beberapa pemain ATP seperti Djokovic dan Roger Federer.


b. France Open / Rolland Garros
Turnamen Grandslam kedua dilakukan di Prancis (France Open / Rolland Garros), biasanya dilangsungkan pada bulan April. Jenis Lapangan yang digunakan adalah tanah liat. Pemain yang hebat dilapangan ini salah satunya adalah Rafael Nadal.

C. Wimbledon
Turnamen ketiga dihelat di Inggris (Wimbledon). Jenis Lapangan yang digunakan adalah lapangan rumput. Pemain yang hebat di lapangan ini biasanya adalah Roger Federer. Turnamen ini biasanya dilakukan pada bulan Agustus atau September.

D. US Open
Turnamen terakhir Grandslam dilaksanakan di Amerika serikat (US Open). Biasanya dilangsung pada bulan Oktober. Jenis lapangan yang digunakan adalah granit. Semua pemain sudah terbiasa bermain di lapangan jenis ini. Dari data yang saya punya, turnamen inilah yang memberikan hadiah terbesar dari 4 Grandslam yang ada.

Oke guys...
Semoga pengetahuan kita tentang Grandslam dan lapangan yang digunakan sudah semakin bertambah. See u next info...

6 comments:

  1. trima kasih pak atas informasinya, sukses terus­čĺ¬

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke Edgar...semoga bisa main di GRANDSLAM..walau hanya mimpi...hehe

      Delete
  2. Sangat membantu pak atas info nya terima kasih pak

    ReplyDelete
  3. Terima kasih pak atas infonya

    ReplyDelete

Mengenal Grandslam

Salah satu cabang olahraga yang memiliki paling banyak turnamen kelas dunia adalah Tenis Lapangan. Beberapa opini masyarakat mengatakan ba...